Mengenal WhatsApp Business Bagi Pebisnis Online

Saat ini, WhatsApp tidak hanya digunakan untuk keperluan pribadi seperti chat, voice call, atau video call. WhatsApp juga digunakan untuk keperluan bisnis, sehingga pada tanggal 18 Januari 2018, Facebook resmi merilis WhatsApp Business. Aplikasi ini diperuntukkan bagi pebisnis agar lebih mudah terhubung ke sejumlah besar pengguna atau para pelanggan.

Melalui WhatsApp Business, pebisnis tidak hanya menggunakan aplikasi tersebut untuk mengirim pesan pribadi, tetapi memperkenalkan bisnis kepada para pengguna WhatsApp.

Bagi yang belum mengetahui WhatsApp Business akan berpendapat bahwa menggunakan aplikasi WhatsApp Messenger pun dapat menjalin komunikasi kepada para konsumen. Namun perlu kamu ketahui, kedua aplikasi tersebut memiliki fitur yang berbeda.

Perbedaan WhatsApp Messenger dan WhatsApp Business

1. Logo Aplikasi

Pada WhatsApp Messenger, gambar logo berupa icon telepon, sedangkan logo pada aplikasi WhatsApp Business menggunakan huruf B dengan huruf kapital.

Tetapi, background logo kedua aplikasi tersebut tetap menggunakan warna hijau yang menjadi ciri khas WhatsApp.

Logo WhatsApp Messenger:

Logo WhatsApp Business:

2. Profile

Jika profil pada WhatsApp Messenger hanya menampilkan nama, informasi singkat, serta nomor telepon pengguna. Pada WhatsApp Business bisa menampilkan beberapa informasi tentang bisnis kamu, seperti deskripsi bisnis, lokasi atau alamat, kategori, email, dan website.

Profile pada WhatsApp Messenger:

Profile pada WhatsApp Business:

3. Bisa Menambahkan Alamat Melalui Google Maps

Melalui WhatsApp Business kamu juga bisa menambahkan alamat (lokasi) bisnis yang langsung terhubung ke Google Maps.

4. Fitur Pesan Otomatis

Hal lain yang bisa kamu dapatkan di WhatsApp Business kamu bisa membalas pesan otomatis kepada konsumen. Misalnya greeting message baru untuk menyambut sebagai sapaan awal.

Tentu ini tidak bisa kamu dapatkan di WhatsApp Messenger kan?

5. Statistik Pesan

Melalui WhatsApp Business kamu juga bisa meninjau jumlah statistik pesan yang telah terkirim dan pesan yang masuk dari konsumen, dimana hal ini juga tidak bisa kamu dapatkan di WhatsApp Messenger.

6. Kategori Bisnis

Pada kolom profil di WhatsApp Business, kamu memilih kategori bisnis yang sesuai dengan bisnis kamu. Sementara pada WhatsApp Messenger, tidak terdapat fitur ini. Hal tersebut tentunya dapat mempermudah para pelanggan untuk mengetahui bisnis apa yang sedang kamu jalankan.

7. Pengelompokan Pesan

Dengan adanya fitur pengelompokan pesan sangat mempermudah pebisnis dalam berkomunikasi dengan para konsumen. Pengelompokan pesan yang terdapat pada aplikasi ini, antara lain prospek, pesan baru, menunggu bayaran, atau sudah melakukan pembayaran. Fitur ini tentu tidak tersedia pada WhatsApp Messenger kan?

Manfaat WhatsApp Business

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan adanya WhatsApp Business, diantaranya:

  • Meningkatkan kredibilitas (kepercayaan) konsumen terhadap bisnis kamu.
  • Sebagai salah satu sarana meningkatkan brand awareness.
  • Menjalin komunikasi yang lebih baik dengan konsumen.
  • Mempermudah kamu mempromosikan bisnis kepada konsumen.

Cara Menggunakan WhatsApp Business

1. Unduh WhatsApp Business melalui Google Play atau App Store di smartphone kamu.
2. Sign-up
Sama dengan WhatsApp Messenger, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang akan kamu gunakan.

3. Tambahkan foto profil nama akun, dan kategori bisnis.

4. Lengkapi profile
Kamu bisa menambahkan beberapa informasi mengenai bisnis kamu mulai dari alamat, kategori, deskripsi, jam kerja, address, email dan website.

5. Lengkapi Fitur Pesan Otomatis

Langkah selanjutnya yaitu isilah form pada fitur pesan otomatis melalui menu “Setting” dan klik “Greeting Message”. Isi sesuai dengan yang keinginan kamu.

6. Tambahkan beberapa foto produk bisnis kamu pada fitur “catalog”.

7. Kamu juga bisa menambahkan quick replies untuk membantu kamu menanggapi pesan konsumen secara cepat.

Menggunakan akun WhatsApp Business merupakan hal yang sangat baik untuk membantu menjalankan bisnis. Dengan fitur-fitur yang disediakan, pemilik usaha bisa dengan mudah mengontrol bisnisnya, mulai dari menjaga komunikasi lebih baik, mengatur waktu, serta memudahkan dalam mempromosikan produk.

Kamu salah satu pebisnis online? Yuk mulai cobain WhatsApp Business. Jika ada pertanyaan, tinggal tulis di kolom komentar dibawah ya.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *